Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Agar Tidak Bosan Berolahraga

Cara agar tidak bosan berolahraga

Berolahraga pastilah menyehatkan. Itu adalah keyakinan umum yang diterima. Tetapi, fakta ini tak terbukti di lapangan. Banyak orang tetap saja malas melakukan aktivitas fisik. Sebagian mungkin bersemangat di awal, namun kemudian mulai surut dan tidak melakukan aktivitas yang berarti. Kebanyakan mereka punya alasan yang hampir sama, malas dan bosan.

Kenyataan menunjukan kemalasan dan bosan menjadi penyebab nomor satu bagi mereka yang baru mulai  rajin olahraga. Padahal kendala ini sebenarnya bisa diatasi dengan melakukan latihan campuran atau kombinasi dari berbagai jenis latihan olahraga.

Latihan campuran merupakan kombinasi dari beberapa macam latihan untuk memperbaiki kesegaran jasmani. Latihan ini terdiri dari dua macam yaitu aerobik dan latihan angkat beban. dalam skala lebih luas, latihan kombinasi melatih berbagai otot dalam kisaran yang luas. Misal, lari melatih otot tubuh bagian bawah, push up melatih otot tubuh bagian atas.

Jadi bisa dikatakan bahwa latihan campuran adalah program latihan seimbang yang menggunakan lebih dari satu macam latihan untuk memperbaiki kondisi pada umumnya. Program latihan campuran bahkan sangat ideal untuk memperbaiki kekuatan, kelenturan, dan daya tahan. Ketiganya merupakan komponen besar dalam kesegaran jasmani.

Sebagai contoh kita memilih melakukan latihan lari sebagai latihan pokok. Maka latihan ini bisa dilakukan tiga kali per minggu, sehingga kesegaran jantung dan peredaran darah serta daya tahan kita menjadi lebih baik. Sementara sebagai latihan tambahan dapat dilakukan latihan beban untuk menguatkan dan mengencangkan otot, seperti melakukan push up, angkat beban, pull up dan lain sebagainya.

Latihan kombinasi ini juga berguna untuk menghindar dari cedera radang pada tendon yang sering disebabkan oleh adanya stres yang berulang pada otot-otot yang sama. Contohnya adalah jika kita melakukan lari setiap hari mungkin hal ini malah kurang baik bagi otot kaki karena selain perlu istirahat juga resiko cedera bagian lutut semakin besar.

Yang lebih penting lagi adalah program latihan campuran ini dapat membentuk badan jadi lebih seimbang sehingga dapat memenuhi kebutuhan gerak sehari-hari, misal orang harus berjalan cepat karena suatu keperluan. Berbagai latihan campuran yang bisa kita lakukan antara lain aerobik seperti naik-turun tangga, lompat tali atau skipping, jalan cepat atau jogging, dan jalan di tanjakan, kemudian untuk latihan beban bisa melakukan push up, pull up, dan lain-lain.

Post a Comment for "Cara Agar Tidak Bosan Berolahraga"