Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ide Memilih Nama Blog yang Unik dan Menarik

Memilih nama blog yang unik

Hai sobat, sebelumnya akan saya jelaskan kalau artikel kali ini bukanlah tutorial memilih nama domain blog yang bagus. Tulisan kali ini lebih kepada pengalaman pribadi dalam mencari ide memilih nama blog yang unik dan bagus untuk blog pribadi saya ini.

Mulanya tidak pernah terpikir sedikitpun untuk membuat nama blog pribadi cakwans.blogspot.com. Karena saat pertama membuat blog gratis di blogger saya punya ide memilih nama blog memakai  nama unik dan fenomenal seperti blog terselubung atau blog juragan cipir. Di mana nama blog tersebut tidak menggunakan inisial nama pemilik tetapi terkenal karena kontennya.

Pada saat selesai melakukan pendaftaran di gmail dan masuk ke halaman blogger ternyata nama blog yang telah saya pilih sudah dipakai oleh orang lain. Alhasil mulailah mencari ide nama blog lainnya. Satu per satu nama blog unik yang telah saya pilih tidak bisa dipakai. Alasannya sama, nama blog sudah pernah didaftarkan oleh orang lain.

Saya pun bingung memilih nama blog yang bagus untuk blog pribadi ini. Nama blog adalah hal yang vital karena berfungsi sebagai identitas atau alamat. Ketika orang membaca artikel di blog maka yang akan diingat adalah apa nama blog tersebut. Saat orang akan membaca artikel di blog atau website maka nama domain blog atau url website yang akan diketik.

Akhirnya pada saat mencari tutorial tentang cara memilih nama blog yang unik dan menarik untuk blog pribadi, saya memutuskan untuk memakai inisial atau panggilan sehari-hari yaitu cakwan.blogspot.com. Sekali lagi nama blog tersebut sudah dipakai oleh orang lain, dan setelah iseng saya cek ternyata blog tersebut juga ditelantarkan alias tidak pernah diupdate.

Saat sudah jenuh, disitulah saya kepikiran untuk menambahkan akhiran huruf 's dibelakang kata cakwan. Ya, bukannya tanpa sebab, saya dapat ide tersebut saya membaca artikel bahasa inggris, ya walaupun kemampuan masih dalam tahap pemula. Dimana kata yang ditambah akhiran (suffix) -s dalam bahasa inggris bisa berarti kepemilikan atau possesion.

Kata cakwans kemudian saya gunakan sebagai nama blog pribadi ini yaitu cakwans.blogspot.com. Alasan memilih nama blog ini bukan hanya karena belum ada yang memakai untuk nama domain blog, tetapi ada filosofi dibalik nama cakwans yaitu milik cak wan, ya meskipun agak maksa sih artinya, hehe.

Di blog ini saya berusaha untuk memberikan informasi seputar pengalaman pribadi kepada siapapun yang membacanya. Berusaha untuk memberikan informasi yang berguna bagi semua orang.

Berbicara mengenai cara memilih nama blog, sebenarnya hal itu bebas tetapi ada beberapa aturan tidak tertulis yang bisa digunakan sebagai acuan untuk memilih nama domain blog yang menarik dan unik sehingga bisa membuat blog jadi mudah dikenal.

Beberapa ide dasar dalam memilih nama domain blog yang menarik adalah:

  • Pilihlah nama yang mudah diingat dan mudah dieja
  • Jangan menggunakan kata yang terlalu mirip dengan blog orang lain, walaupun dalam hal ini saya masih melakukannya
  • Sesuaikan dengan niat awal membuat blog apakah blog pribadi dengan tema gado-gado atau tema khusus. Jika blog pribadi bisa menggunakan inisial nama pribadi dan jika blog dengan tema spesifik bisa menggunakan keyword.
  • Jangan menggunakan angka di nama domain blog pribadi

Itulah sedikit cerita bagaimana mencari ide nama blog yang unik dan menarik agar mudah diingat dan dikenal oleh para pembaca. Harapan saya sih sederhana saja, sesederhana mengucapkan nama blog ini. Semoga blog ini bisa dikenal banyak orang dan semoga bisa memberikan manfaat bagi siapapun yang membaca artikel di blog ini. Amin.

5 comments for "Ide Memilih Nama Blog yang Unik dan Menarik"