Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cerita Blog Pribadi Diterima Google Adsense

Contoh blog pribadi diterima google adsense

Alhamdulillah Wa Syukurillah, itulah kata yang saya ucapkan saat pertama kali membaca email pemberitahuan dari Google yang menyatakan bahwa blog pribadi ini disetujui sepenuhnya menjadi penayang iklan atau publisher Google Adsense.

Ceritanya, pagi itu sekitar jam 04.45 saya bangun dari tempat tidur dan membuka hape karena ada notifikasi email masuk. Kemudian saya buka ternyata dari account Google dan serasa tidak percaya kalau ternyata blog ini telah disetujui sepenuhnya oleh Google Adsense.

Awalnya saya tidak berencana mendaftarkan blog ini ke Adsense. Tujuan bikin blog pribadi semata-mata hanyalah ingin punya blog saja dan mengisi waktu luang menulis artikel unik berdasar pengalaman pribadi sehari-hari.

Namun belum genap satu bulan, tepatnya hari ke 19 saat saya mencari tutorial blog, tiba-tiba ada artikel menarik tentang blogger yang sukses berkat menjadi penayang iklan Google Adsense. Saya terus membaca artikel tersebut yang semakin lama ceritanya semakin menarik.

Nah, atas dasar itulah saya memberanikan diri ikut mendaftar menjadi penayang iklan atau publisher. Dalam hati, saya berkata kalau lolos review ya syukur, kalau tidak ya tidak apa-apa. Toh tujuan bikin blog pribadi cuma buat menulis artikel unik dan menarik untuk dibagikan kepada pembaca.

Tepat tanggal 9 Maret saya mendaftar ke Google Adsense melalui situs resminya dan bukan mendaftar lewat menu penghasilan di blogger.

Setelah mendaftar saya hanya menulis artikel blog seperti biasanya. Kemudian tepat tengah malam tanggal 13 Maret email yang isinya blog ini diterima Google Adsense pun dikirim, tapi baru saya buka keesokan harinya.

email pemberitahuan diterima google adsense

Setelah mengetahui blog diterima menjadi publisher Google Adsense, saya langsung buka komputer dan membuat unit iklan yang akan saya pasang di halaman artikel blog.


Total ada 3 unit iklan yang saya gunakan yaitu di bagian header, sidebar dan di dalam artikel blog. Khusus dalam artikel blog, penempatan iklannya saya taruh di bawah judul artikel dan di akhir artikel dengan cara parse kode iklan sebelumnya.

Mungkin bagi teman-teman ada yang bertanya:
  • Bagaimana cara atau tips supaya disetujui oleh Google Adsense? 
  • Bagaimana cara lolos review tahap 1 dan tahap 2? 
  • Atau bagaimana kondisi blog yang didaftarkan agar diterima Google Adsense?
Jujur saja saya tidak mengetahui tips supaya diterima Google Adsense atau tips bisa lolos review tahap 2. Karena saya sendiri seorang pemula yang baru bikin blog dan saat diterima pun saya tidak melihat pemberitahuan apakah blog ini sedang review tahap 1 atau sudah masuk review tahap 2.

Karena setelah mendaftar dan pasang kode Page Level Ads, empat hari kemudian saya dikirimin email oleh Google yang menyatakan kalau saya diterima sepenuhnya. Alhamdulillah.

Kondisi Blog Saat Mendaftar Google Adsense

Kalau teman-teman mau tahu bagaimana kondisi blog saat saya mendaftar sampai kemudian bisa diterima menjadi penayang iklan, berikut ini adalah gambaran detail blog saya.
  • Umur blog saat daftar google adsense adalah 21 hari.
  • Tema blog gado-gado, isi cuma pengalaman pribadi saja. Hampir tidak membahas masalah teknis satu niche. Tidak pula saya cek apakah lolos copyscape atau tidak.
  • Sudah menggunakan custom domain / TLD
  • Artikel saya tulis setiap hari, satu hari satu artikel.
  • Jumlah artikel 21
  • Template menggunkan template N Light Responsive buatan Arlina desain
  • Jumlah halaman ada lima yaitu about, disclaimer, privacy policy, sitemap dan kontak
  • Saat awal bikin blog saya daftrakan ke Google Webmasters tools dan Google Analytics, serta Google Feedburner
  • Pengunjung blog masih sedikit, sehari tidak sampai 20.
  • Isi blog belum terindex semua
ciri-ciri blog diterima google adsense

Seperti yang saya tulis di atas tentang kondisi blog yang saya daftarkan mungkin teman-teman ragu dan bertanya dalam hati koq bisa blog seperti ini bisa diterima menjadi penayang iklan adsense? Mungkinkah faktor keberuntungan saja?

Mmm bisa jadi, tapi bisa juga engga. Mungkin yang jadi penilaian tim review bukan masalah jumlah pengunjung atau umur blog, tapi lebih kepada artikel yang unik dan bukan artikel salinan. Serta bagaimana tampilan blognya apakah memenuhi standar webmasters atau tidak.

Nah itulah sedikit cerita tentang bagaimana blog ini bisa diterima Google Adsense dan disetujui menjadi penayang iklan. Mungkin bisa juga saya sedang beruntung karena baru pertama kali bikin blog dan pertama kali daftar Google Adsense dan diterima tanpa menunggu lama.

Karena ada teman-teman blogger di luar sana yang sudah beberapa kali daftar masih ditolak. Semoga mereka juga segera disetujui Google Adsense menjadi penayang iklan di blog mereka. Amin

Oh ya, berdasarkan artikel yang saya baca, hal tersulit dari proses daftar sampai diterimanya seorang blogger menjadi penayang iklan Adsense adalah bagaimana mengelola blog agar tetap mematuhi kebijakan Google Adsense serta menarik banyak pengunjung untuk datang ke blog mereka. Karena dengan banyaknya pengunjung blog maka akan semakin meningkat pula penghasilan mereka menjadi publisher Adsense. Salam.

Blog saya dengan domain TLD telah saya ubah kembali menjadi subdomain blogspot

4 comments for "Cerita Blog Pribadi Diterima Google Adsense"

  1. Wah mantap mas, saya malah blom coba daftar. Maklum blom ngerti, trims atas komen di blog saya, semoga sukses.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mas, coba aja daftar adsense kalau artikel sudah banyak mas, semoga disetujui jadi penayang adsense.

      Delete
  2. Replies
    1. Salam kenal juga, terima kasih atas kunjungannya

      Delete