Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Melihat Blog Sudah Terindex Google atau Belum

Sebenarnya tutorial kali ini adalah hal yang mudah bagi seorang blogger yang ingin mengetahui apakah blog yang dibuat bisa ditemukan di mesin pencari atau tidak. Namun tidak ada salahnya jika saya menuliskan artikel di blog ini tentang cara melihat blog sudah terindex google apa belum.

Karena artikel ini berdasar pengalaman saya sendiri saat pertama bikin blog pribadi gratis di blogger dan menuliskan artikel pertama di blog ini.

Melihat blog sudah terindex oleh google

Cerita ini dimulai saat selesai menuliskan artikel kemudian saya mencoba mengetikan judul artikel tersebut di mesin pencari google. Alih-alih mendapatkan jawaban yang memuaskan, google justru tidak dapat menemukan artikel yang saya tulis.

Saya pun mencoba mencari tutorial agar blog dan artikel cepat terindex oleh google. Hasil beberapa panduan yang saya baca ternyata menyarankan agar mensubmit sitemap blog ke dalam google webmasters tools atau google search console.

Selain itu juga disarankan melakukan submit url artikel tiap kali selesai menulis artikel di blog. Tujuannya satu, supaya artikel cepat terindex oleh mesin pencari google.

Artikel yang telah terindex oleh robot perayap google maka bisa lebih mudah untuk dicari melalui mesin pencari dengan mengetikan keyword tertentu.

Langkah berikutnya setelah submit sitemap blog dan url artikel adalah dengan menggunakan cara seperti ini:
  1. Buka pencarian di google
  2. kemudian ketikkan "site:www.namablog.com" atau "site:namablog.com" tanpa tanda petik
  3. Kemudian tekan cari atau search, maka akan muncullah beberapa hasil pencarian di halaman google
Di halaman hasil pencarian dapat kita ketahui berapa jumlah artikel yang telah terindex oleh google. Biasanya proses setelah mensubmit url artikel sampe terindex oleh google kurang dari satu jam. 

Selamat mencoba, semoga tutorial cara melihat blog dan artikel sudah terindex google ini bisa membantu.

Post a Comment for "Cara Melihat Blog Sudah Terindex Google atau Belum"