Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Menghilangkan Getah Nangka

 


Peribahasa mengatakan "Seorang makan nangka, semua kena getahnya", tapi kali ini saya tidak akan bicara tentang makna peribahasa, melainkan sedikit cerita tentang bagaimana cara menghilangkan getah nangka.

Ya, gara-gara sibuk membersihkan pisau dan tangan dari getah nangka yang menempel jadinya malah memunculkan peribahasa baru "Semua makan nangka, saya yang kena getahnya", hehehe.

Jadi ceritanya bermula dari seorang kerabat yang barusan pulang kampung dan membawa oleh-oleh. Bukan makanan yang ready to eat alias siap santap, melainkan buah nangka utuh dengan ukuran cukup besar. Saya perkirakan beratnya mencapai 10 kg. Bahkan saya sendiri yang mengangkat ke dapur menggunakan dua tangan.

Mengingat di rumah saat itu cewe semua, jadinya ibu menyuruh saya untuk memotongnya. Alhasil saya sendiri yang melakukannya. 

Dengan percaya diri saya membelah buah menjadi empat bagian. Saat mencoba untuk memotong menjadi bagian yang lebih kecil, saya melihat pisau sudah banyak getah yang menempel termasuk juga di tangan.

Akhirnya saya mencoba untuk memisahkan daging buah dari bijinya dengan cara mencabutnya dan membuang bijinya, tetapi tangan jadi banyak getah nangka. Saat itulah saya teringat masa kecil dulu, dimana saat tangan atau kulit terkena getah nangka maka cara membersihkannya adalah dengan menggunakan minyak tanah. 

Caranya cukup mudah hanya dengan diolesi minyak tanah  atau celupkan saja tangan ke minyak tanah. 

Tetapi masalahnya, sekarang sudah tidak ada yang namanya minyak tanah. Terus bagaimana cara membersihkan getah nangka? 

Saat itu saya memakai sabun pencuci piring tapi hasilnya nihil alias ga ngefek sama sekali. Tangan jadi kesat tapi getah tetap nempel. Menjengkelkan.

Nah, setelah lama di dapur, ibu saya sepertinya tahu kalau saya tidak bisa membersihkan getah nangka tersebut. 

Rupanya ibu sudah pengalaman kalau masalah getah nangka ini, dengan santuy ibu menyuruh saya untuk membersihkan dengan minyak goreng kemasan. Hasilnya benar-benar tokcer, getah yang membandel nempel di tangan mulai melepaskan cengkramannya. Akhirnya beres sudah.

Sebenarnya banyak cara menghilangkan getah nangka yang menempel di tangan, antara lain dengan menggunakan bahan-bahan yang ada di dapur seperti:

  • Mentega, mentega mengandung minyak dan penggunaannya cukup mudah dengan cara mengoleskannya ke telapak tangan kemudian bilas dan cuci tangan menggunakan sabun.
  • Abu gosok, bahan yang satu ini bukan hany auntuk membersihkan wajan gosong tapi juga berguna untuk membersihkan tangan dari getah nangka. Cara penggunaannya juga sama yaitu dengan menggosokan ke tangan sehingga getah nangka akan menggumpal. Setelahnya bersihkan dengan air.
  • Tepung, tepung di sini bisa tepung kanji ataupun sagu, cara penggunaannya seperti cara-cara di atas dan bilas menggunakan air.

Nah itulah cara membersihkan getah nangka yang menempel di tangan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi teman-teman.

Post a Comment for "Cara Mudah Menghilangkan Getah Nangka"