Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengalaman Pertama Beli Handphone Online

Sudah beberapa hari saya tidak menulis artikel di blog pribadi ini, dan sekarang saya akan menulis artikel tentang pengalaman pertama saya beli handphone online di Tokopedia. Awalnya saya sedikit ragu beli hp secara online. Bukan hanya harganya yang mahal tapi juga tidak sedikit saya baca beberapa cerita pengalaman beli barang elektronik khususnya smartphone secara online di internet yang mengalami penipuan. Penipuan yang dimaksud adalah barang yang diterima tidak sesuai dengan deskripsi barang yang ditulis di situs jual beli.

Ada cerita salah satu pembeli yang berniat membeli iphone, saat kiriman paket dibuka ternyata malah berisi sabun. Lain lagi ada pengalaman orang lain yang membeli salah satu smartphone android, harga murah dan kualitas masih mulus tetapi saat barang datang ternyata tidak sesuai dengan ekspektasi.

Tetapi setelah saya membaca beberapa tips membeli handphone bekas secara online akhirnya saya putuskan untuk melakukan transaksi. Beberapa hal yang meyakinkan saya untuk jadi membeli di salah satu toko online yang berjualan melalui Tokopedia antara lain:
  • Reputasi yang diberikan oleh konsumen yang telah membeli handphone online di toko tersebut. Saya melihat penjual sudah mempunyai reputasi yang bagus terbukti dari bintang dan adanya lambang gold merchant serta jumlah penjualan.
  • Ulasan yang diberikan oleh konsumen yang berbelanja di toko tersebut.
  • Respon penjual dalam menanggapi pertanyaan konsumen boleh dibilang cukup responsive
  • Terdapat nomor kontak yang bisa dihubungi
  • Adanya sistem rekening bersama dan ini sudah dilakukan oleh semua situs belanja online untuk menghindari transaksi penipuan.
Nah di sini saya membeli handphone android Samsung galaxy S7 flat. Meskipun ini adalah smartphone second dan sudah termasuk lawas karena dijual pertama kali tahun 2016, tetapi menurut saya masih layak untuk dibeli. Apalagi beberapa fitur masih mendukung dan mumpuni untuk digunakan sampai saat ini.

Secara fisik masih mulus sesuai dengan deskripsi yang ditulis oleh penjual serta ulasan para pembeli. Dan tidak lupa barang yang dijual bergaransi SEIN dan bukan ex inter. Jadi aman jika sewaktu-waktu ada masalah teknis.

Saya melakukan transaksi tanggal 25 April 2018 dan melakukan transfer saat sore hari menjelang Ashar, pembayaran diverifikasi oleh pihak tokopedia dan pesanan diteruskan ke penjual. Sempat was-was juga karena saya melihat status transaksi belum direspon oleh penjual.

Akhirnya jam 8 malam muncul notifikasi kalau pesanan sedang diproses/dikirim ke pusat pengiriman JNE di Jakarta. Setelah menunggu 3 hari akhirnya paketan sampai juga di ruko tempat saya bekerja.


Inilah saat yang ditunggu-tunggu yaitu buka kotak alias unboxing. Tidak seperti unboxing pada umumnya, di sini saya membeli hape batangan/unit saja dan hanya dilengkapi dengan charger dan headset OEM. Saat membuka bungkusnya ternyata hanya dilapisi potongan kardus yang dibentuk kotak dan di dalamnya ada plastik bublewrap untuk melindungi handphonenya.

Ternyata benar apa yang dikatakan oleh penjual dan ulasan para pembeli. Unit handphone yang dikirim ternyata masih mulus dan ketika saya cek ternyata tidak ada masalah. Beberapa cek list yang saya lakukan antara lain:
  • Cek layar apakah ada shadow atau tidak.
  • Cek imei menggunakan aplikasi Phone Info
  • Cek hardware smartphone seperti fungsi kamera, speaker, lubang audiojack, bluetooth, wifi, fungsi tombol semua tidak ada masalah
  • Tes kemampuan chargernya dan bisa charge secara normal
Nah itulah beberapa hal yang saya lakukan untuk memeriksa apakah handphone yang dibeli kondisinya bagus atau tidak. Setelah memeriksa kondisi handphone tersebut kemudian saya melakukan konfirmasi bahwa pesanan telah diterima. Dan tidak lupa saya pun memberikan ulasan yang positif atas pembelian handphone secara online ini.

Itulah sedikit cerita mengenai pengalaman pertama beli handphone secara online di tokopedia. Bagi teman-teman yang berencana beli handphone secara online ada baiknya untuk tetap berhati-hati dan melihat beberapa tips sebelum beli handphone online. Perhatikan betul reputasi penjual serta feedback yang diberikan oleh pembeli. Jangan sampai tergiur oleh harga murah tetapi kualitas zonk.

Post a Comment for "Pengalaman Pertama Beli Handphone Online"