Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bagaimana Mengobati Panu Dengan Cepat

Cara mengobati penyakit panu dengan cepat

Baiklah, artikel yang berisi tips kesehatan tentang cara mengobati panu dengan cepat ini adalah murni dari pengalaman saya sendiri, bukan salinan tulisan orang lain. Di sini saya akan menjelaskan bagaimana mengobati panu yang membandel menggunakan obat panu di apotik yang harganya murah.

Oh ya, cara ini dilakukan untuk mengobati penyakit kulit yang masih dalam tahap ringan, bukan untuk panu yang sudah membandel. Kalau untuk yang sudah lama terkena penyakit jamur kulit ini lebih baik silahkan konsultasi ke Dokter kulit supaya mendapat penanganan yang intensif.

Jadi cerita dimulai ketika saya hijrah dari kota kelahiran di Batu, Jawa Timur ke daerah Tangerang Banten. Awal mulanya saya tidak pernah menderita penyakit kulit akibat jamur. Karena mungkin udara di Batu sendiri yang dingin dan sejuk menjadikan jamur kulit akan sulit berkembang.

Nah sekitar satu bulan di Tangerang mulai muncul panu di kulit dan itu pun diberi tahu oleh seorang teman kerja yang kebetulan melihat lengan kiri saya ada bercak putih, duh malunya.

Saya sendiri tidak mengetahui secara pasti sejak kapan penyakit kulit ini ada karena saya tidak mengalami gejala panu seperti gatal pada kulit.


Mengetahui Penyebab Panu

Panu adalah jenis penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur Malassezia sp. Biasanya area kulit yang terinfeksi jamur ini akan muncul bercak putih. Dalam dunia medis penyakit ini disebut juga dengan tinea versicolor.

Gejala panu yang timbul jika kulit terkena penyakit panu antara lain muncul bercak putih yang disebabkan adanya zat asam azaleat yang dihasilkan oleh jamur. Biasanya semakin lama akan muncul rasa gatal di sekitar area kulit yang terinfeksi.

Bagian tubuh yang sering terkena infeksi jamur kulit ini antara lain lengan atas, dada, punggung dan juga wajah. Penyakit panu sebenarnya bukanlah penyakit yang berbahaya, tetapi bisa mempengaruhi perilaku sosial kita.

Sering kali orang lain menganggap penderita adalah orang yang jorok, kurang menjaga kebersihan badan dan lingkungannya. Padahal banyak loh penyebab seseorang itu bisa terkena penyakit panu walau sudah menjaga kebersihan kulit.

Menurut Beberapa literatur kesehatan, ada beberapa penyebab kenapa jamur malassezia ini bisa tumbuh subur di kulit.
  • Lingkungan yang lembab dan panas
  • Seringnya tubuh berkeringat karena banyak aktifitas
  • Mempunyai jenis kulit yang berminyak
  • Perubahan hormon
  • Sistim kekebalan tubuh lemah


Cara Mengobati Panu 

Sebenarnya banyak cara untuk mengobati penyakit kulit ini seperti menggunakan obat panu yang dijual di apotik maupun menggunakan obat panu herbal dengan bahan alami.

Menggunakan obat dari apotik

Rupanya cukup masuk akal kalau melihat faktor penyebab penyakit panu di tubuh. Tubuh saya yang mudah sekali berkeringat ditambah dengan cuaca di Tangerang yang mempunyai kelembaban tinggi menjadikan panu bisa cepat berkembang.

Obat panu murah yang dijual di apotik

Setelah dikasih tahu oleh teman kalo lengan atas ada bercak putih maka saya langsung mencari berbagai informasi mengenai penyakit panu ini.

Beruntung sekali penyakit kulit ini cepat ketahuan, coba kalo tidak pasti sudah menyebar. Jadi saat itu saya langsung membeli beberapa obat panu di apotik yang harganya murah dan sabun belerang di minimarket untuk menggantikan sabun kesehatan yang biasa saya pakai.

Berikut ini adalah daftar obat penyakit panu di apotik dan juga sabun belerang yang saya gunakan untuk mengobati panu agar cepat sembuh:
  1. Kalpanax cair
  2. Kalpanax cream
  3. Obat Ketoconazole tablet
  4. Sabun belerang JF Sulfur
Oh ya, obat penyakit panu di atas harganya murah loh, total semua tidak sampai 50 ribu. Harga ketoconazole tablet cuma 12 ribu. Dalam mengobati panu, saya menggunakan kalpanax cair dan cream.

Kenapa ada dua?Kalau kalpanax cair kan warnanya coklat kehitaman, biasanya saya pakai saat menggunakan baju yang warna gelap. Sedangkan kalpanax cream saya oleskan saat pakai baju warna cerah, biar tidak menimbulkan noda di baju.

Cara menggunakan obat penyakit panu di atas juga harus konsisten supaya cepat kelihatan hasilnya. Setelah mandi menggunakan sabun belerang JF Sulfur, saya lap kulit sampai kering dan kemudian saya oleskan dengan kalpanax di area terkena panu.

Proses ini saya lakukan 2-3 kali sehari. Kemudian malam menjelang tidur saya minum obat Ketoconazole  1 tablet.

Hasilnya, penyakit panu yang ada di lengan atas berangsur-angsur memudar selama 2 minggu. Pengobatan tetap saya lakukan sampai sekitar 1 bulan sampai benar-benar sembuh.


Mengobati panu dengan lengkuas (herbal)

Mengobati panu dengan bahan alami seperti lengkuas sudah sering dilakukan oleh orang tua jaman dulu. Beberapa informasi yang saya dengar, lengkuas bisa mengobati panu dengan cepat dan tentunya aman.

Cara penggunaannya cukup mudah, ambil lengkuas, potong tipis-tipis, kemudian gosokan lengkuas pada bagian tubuh yang terkena panu. Efek sesaat yang ditimbulkan adalah kulit akan terasa panas dan itu adalah normal yang mengindikasikan kandungan lengkuas bekerja.

Ulangi 2-3 kali sehari hingga panu memudar dan hilang.

Cara Mencegah Panu Supaya Tidak Menyebar

Seperti kata iklan di televisi "Mencegah lebih baik daripada mengobati" ada benarnya juga. Tidak ada salahnya jika kita melakukan tindakan untuk mencegah panu supaya tidak menyebar di tubuh.

Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah panu antara lain:
  • Usahakan kalau bisa mandi 3 kali sehari untuk yang tinggal di daerah dengan kelembaban tinggi
  • Ganti baju setiap selesai mandi. 
  • Pakai pakaian yang berbahan katun karena dapat menyerap keringat dengan baik
  • Jangan menggunakan handuk milik orang lain, takutnya menjadi media penyebaran jamur kulit.
Untuk yang pernah terkena panu dan sudah sembuh disarankan tidak mengehentikan pengobatan karena bisa saja panu kambuh lagi.

Pengalaman yang saya lakukan adalah saya tetap menggunakan sabun belerang untuk mandi dan tidak lagi menggunakan sabun kesehatan lain. Karena selain mencegah panu, sabun belerang juga bermanfaat mencegah kulit dari gatal-gatal akibat biang keringat.

Semoga informasi cara mengobati panu secara cepat dan murah ini bisa bermanfaat bagi anda semua. Sekali lagi "Mencegah lebih baik daripada mengobati". Salam.

Post a Comment for "Bagaimana Mengobati Panu Dengan Cepat"