Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mencoba Fitur Secure Folder Samsung Galaxy

Mengaktifkan fitur secure folder samsung galaxy

Hi sobat... masih bingung mau menyembunyikan file-file rahasia di dalam hape android kamu? atau smartphone android kamu sering dipinjam teman, keluarga, pacar cuman untuk main game atau numpang kamera saja buat foto-foto dan kamu tidak mau mereka melihat file pribadi kamu?

Jika iya dan kamu adalah pengguna samsung galaxy seri J ke atas maka tidak perlu bingung. Di smartphone android samsung galaxy ada fitur unik yang mirip dengan fitur dual space di hape Cina. Fitur tersebut bernama secure folder.

Secure Folder atau folder aman adalah sebuah aplikasi yang berfungsi mirip dengan dual space yang berfungsi selain untuk menyimpan file-file pribadi juga untuk menjalankan aplikasi yang sama persis dengan folder utama.

Secure folder memungkinkan pengguna seolah-olah memiliki dua hape dalam satu perangkat. Jadi kita bisa menjalankan dua aplikasi yang berbeda seperti aplikasi chat whatsapp, facebook, Line bahkan juga game dan aplikasi lain.

Lalu apa bedanya dengan fitur dual messenger yang bisa diaktifkan di hape samsung galaxy J5 Pro 2017. Bedanya adalah aplikasi, foto, video dan file lainnya tidak terlihat di tampilan utama hape, tetapi berada di ruang terpisah yang disebut secure folder.

Sesuai dengan namanya, secure folder menggunakan mode keamanan yang sangat ketat. Selain memakai sidik jari, pengguna diharuskan menambahkan fitur keamanan lain seperti password, PIN ataupun pola. Jadi harus ingat tipe smart lock yang digunakan, karena kalau sampai lupa bakalan sulit untuk membukanya.

Cara mengaktifkan fitur secure folder di hape android samsung galaxy adalah sebagai berikut:
  1. Buka menu Setting/Pengaturan
  2. Pilih menu Lock Screen and Security
  3. Kemudian pilih Secure Folder
  4. Di tampilan antar muka aplikasi, kita akan disuguhi informasi tentang fitur secure folder, Pilih saja tombol "Start"
  5. Nah diharuskan untuk memiliki akun samsung, jika belum punya silahkan buat dulu dengan cara mendaftar, atau jika sudah punya silahkan Sign in
  6. Pilih jenis Lock Type nya, apakah menggunakan sidik jari, PIN, pola atau password
  7. Jika telah selesai, kita akan menjumpai tampilan utama aplikasi seperti gambar di bawah ini

Jika sudah berada di dalam secure folder, kita dapat menambahkan aplikasi dan files. ada dua cara menambahkan aplikasi ke dalam secure folder ini yaitu melalui Play Store atau Samsung Apps dan bisa mengkopi aplikasi di folder utama hape.

Jika sukses menginstal aplikasi maka akan muncul logo aplikasi seperti biasanya. Begitu juga dengan file seperti foto atau video maupun lagu, maka tinggal mengkopi file dari folder utama.

Selain itu agar tidak diketahui oleh orang lain, maka kita bisa menyembunyikan secure folder ini dari halaman beranda atau home screen, caranya adalah:
  1. Tarik layar notifikasi ke bawah
  2. Pencet logo secure folder yang ada di bagian notifikasi
  3. Jika logo secure folder sudah mati berarti aplikasi secure folder telah disembunyikan. Jika ingin memunculkan aplikasi ini lagi maka tinggal memencet logo secure folder yang ada di bagian notifikasi. 
Nah, cukup mudah kan cara bagaimana mengaktifkan fitur secure folder di smartphone android samsung galaxy J5 Pro 2017 ini. Selamat mencoba.

Post a Comment for "Mencoba Fitur Secure Folder Samsung Galaxy"